iseng | INDONESIAN NAMES FOR SUPER JUNIOR MEMBERS (My Own Version)

Semua ELF pasti udah tau kalo waktu acara KIMCHI yang diselenggarakan tahun 2011 di Jakarta Super Junior diberi nama Indonesia oleh Endric Chandra yang menjadi host pada waktu itu. Kalo ga salah, inilah daftar namanya..

1. Leeteuk = Kadir Park.
2. Heechul = Karyo Kim.
3. Hangeng = Kosim Tan.
4. Yesung = Joko Kim.
5. Kangin = Saryo Kim.
6. Shindong = Yanto Shin.
7. Sungmin = Sarwin Lee.
8. Eunhyuk = Udin Lee.
9. Donghae = Dadang Lee.
10. Siwon = Asep Choi.
11. Ryeowook = Saepul Kim.
12. Kibum = Mamat Kim.
13. Kyuhyun = Usro Cho.

Dan diantara ketigabelas nama itu, cuma Kyuhyun aja yang namanya agak-agak ga biasa. USRO! Hahaha… Seharusnya Sungmin jadi Unyil donk! Wkwkwk… Atau mungkin Ryeowook aja yang jadi Unyil, soalnya badan dia yang paling kecil. Nah, terus yang jadi Pak Ogah sama Pak Raden-nya siapa donk? Hahahahahahaha………….. #PLAK:digampar-suju. Gue denger International ELF ga suka kalo Kyuhyun dipanggil Kyuppa (singkatan dari Kyuhyun oppa, yang berarti Kak Kyuhyun). Gue jadi penasaran kayak apa reaksi mereka kalo Indonesian ELF rame-rame manggil dia Usro. Hahahahahahahahaaaaaaapp! #nelen-nyamuk. Dan diantara mereka, cuma Leeteuk aja yang mengakui nama Indonesia-nya. Di beberapa kesempatan Leeteuk bilang kalo nama Indonesia-nya itu Kadir. Bahkan waktu siaran di Sukira, Leeteuk sempat bilang.. “Assalamu’alaikum, nama saya Indonesia Kadir.” kebalik kalee, Bang! Tapi ga apa-apa lah… Alhamdulillah dia udah mo ngemeng Indonesia. Kalo ga salah sih waktu itu Sukira dapet penelpon dari Indonesia. Terus dia bilang sama Yesung (yang jadi partner siarannya waktu itu) kalo dia bisa bahasa Indonesia. Yesung-nya sih adem ayem aja. Tapi kayaknya Cak Kadir ini emang perlu dikasih apresiasi karena udah menyambut penelpon asal Indonesia dengan baik dan ramah ^^

Balik ke soal nama. Menurut pendapat gue, meskipun kedengarannya agak norak-katrok-ndeso-tak-sobek-sobek(?), sebenarnya nama-nama diatas tuh memiliki arti yang lumayan bagus lho. Kita ambil contoh namanya Siwon. Si Mas Ganteng itu emang pantes dapet nama Asep. Kalo ga salah, Asep itu berasal dari kata ‘kasep’ yang dalam bahasa Sunda berarti tampan. Atau Kibum yang dikasih nama Mamat. Di lingkungan gue, Mamat itu biasanya nama kecil atau panggilan dari orang yang memiliki nama Rahmat (yang berarti berkah) atau Ahmad dan Muhammad (nama dari Baginda Rasulullah SWT). Bagi gue (secara gue tuh Muslim) itu nama udah kebangetan bagus. Dan ga cuma nama Siwon dan Kibum aja. Nama-nama member yang lain juga bagus. Cuma satu nama yang bikin gue bingung: USRO. Jujur deh gue ga tau artinya apaan #PLAK! Yang gue tau Usro tuh nama salah satu tokoh boneka dalam acara Si Unyil. Unyil-nya punya teman yang namanya Usro. Ga tau sih, mungkin si Usro itu agak-agak usil kayak Kyuhyun atau gimana tapi yang jelas gue ga tau kenapa Kyuhyun dikasih nama Usro #keder-mode-on. Emang sih nama-nama diatas dibikin cuma buat seru-seruan, tapi pernah kepikiran ga sih kalo kita (Indonesian ELF) ngasih nama yang benar-benar serius untuk mereka? Terus terang aja, gara-gara miris sama nasib si Bontot yang dapet nama Usro, gue sempat kepikiran buat ngasih dia nama baru. Hahaha… Mau tau? Nih dia namanya..

SATRIA DIRGANTARA CHO. Jiaaaahh….. #GUBRAK!! Atas dasar apa pula gue ngasih tuh nama? Apalagi ‘Satria Dirgantara’ itu lebih terdengar seperti nama perwira TNI Angkatan Udara! Wkwkwk… Tapi gue bikin nama kayak gitu bukan tanpa alasan. Biarpun kesannya agak ngasal, tapi tuh nama punya arti dan ada hubungannya sama Kyuhyun.

Wokeh, sekarang gue mo ngasih tau arti dari nama SATRIA DIRGANTARA CHO. ‘Satria’ itu asal katanya dari ‘ksatria’. Kalo bahasa Inggris-nya tuh ‘knight’. Sedangkan ‘Dirgantara’ itu kalo ga salah sih artinya ruang antar bintang. Semacam out space gitu deh. Sedangkan ‘Cho’ itu marganya Kyuhyun. Dalam bahasa Korea ‘cho’ sendiri artinya tampan (untuk laki-laki) atau cantik (untuk perempuan). Jadi, Satria Dirgantara Cho itu artinya ksatria luar angkasa yang tampan. MAKSUD LOOOOOOOO????????

Gue yakin berat, setelah tau artinya lo pasti berpikir kalo nama yang gue kasih buat Kyuhyun tuh sama konyolnya kayak si Usro. Tapi HEY!!! Gue kan belum ngasih tau alasan kenapa gue memilih nama itu buat Kyuhyun. Wokeh, alasannya sih sederhana aja. Kyuhyun suka main Starcraft. That’s it. Gue emang ga pernah nyobain main Starcraft, tapi setahu gue, Starcraft itu game yang bercerita tentang peperangan antar galaksi dan udah pasti pertempurannya itu terjadi di luar angkasa (ga tau kenapa tiap inget Starcraft gue selalu inget sama film Starship Troopers). Gue punya tips nih buat Kyuhyun: Kyu, kalo lo berhadapan sama Zerg, lo semprot aja mereka pake Baygon, Insya Allah menang. Hahahahahahaha…………… #PLAK:ditabok-kyuhyun šŸ˜€

Tapi ga cuma Kyuhyun aja kok yang gue kasih nama baru. Contohnya aja Kangin. Dia gue kasih nama BIMA PRAWIRANEGARA KIM. Bussseeeett….. Serem amat tuh nama! Ya iyalah… Orang Kangin oppa-nya aja juga udah serem! #BLEDAK:didepak-kangin-ke-palestina. XD Alasannya gue kasih nama Bima tuh karena emang image-nya Kangin yang strong abis. Dalam legenda pewayangan, Bima adalah yang paling kuat diantara para saudaranya di Pandawa Lima. Sedangkan Prawiranegara itu berasal dari kata ‘perwira’ dan ‘negara’. Yaah… Lo pasti tau lah kalo Kangin punya catatan yang cukup baik sewaktu menjalani wajib militer. Bahkan dia dapet promosi dan naik pangkat jadi Kopral. Not bad lah.. Secara ga banyak seleb yang bisa begitu. Kalo seandainya Kangin tetap di militer, gue yakin dia pasti bisa jadi prajurit yang sanggup untuk diandalkan.

Next kita punya Park Jungsoo alias Leeteuk. Gue tau dia udah mengakui nama Indonesia-nya dan menurut gue nama Kadir itu memiliki arti yang cukup bagus. Tapi gue tetap kepingin ngasih dia nama alternatif(?). Yaitu Amir Rahman atau Rahman Amirudin. Jiaaah… #PLETAK!! Rahman itu artinya merciful dan sedangkan Amir itu artinya pemimpin. ELF manapun pasti setuju kalo Leeteuk itu emang Leader yang penuh dengan kasih sayang. Bahkan sekalipun dongsaeng-dongsaengnya itu suka durhaka, Leeteuk tetap menyayangi mereka. Aww… So sweett….

Selanjutnya kita punya Kang Dadang alias Donghae. Sumpah! Ini beneran konyol badai-topan-tornado! Gue sampai heran sama diri gue sendiri. Kenapa? Karena gue ngasih si Donghae nama Banyu Samudera. Moga-moga aja Almarhum Appa-nya Donghae ga melaknat gue dari alam Barzakh gara-gara gue ngasih tuh nama. Soalnya kalo menurut gue, Donghae tuh kayaknya identik banget sama segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Nama Donghae sendiri memiliki arti Laut Timur, terus dia punya anjing peliharaan yang namanya Bada yang berarti laut, udah gitu fandom-nya sendiri namanya Fishies karena Fishy sendiri adalah julukannya Donghae (fishy asal katanya dari ‘fish’ yang berarti ikan). Nah, menurut pendapat gue kalo udah ada laut dan udah ada ikan, otomatis harus ada airnya donk. Kalo ga ada air, gimana ikannya bisa hidup dan berenang? Jiaaaahh…. #GUBRAK:elf-pingsan-berjamaah.

Oleh karena itu gue ngasih dia Banyu yang dalam bahasa Jawa berarti air. Sedangkan Samudera sendiri gue pilih karena sebagian besar samudera di dunia ini berwarna biru sama seperti warna favorit Donghae (kita sehati, Bang). Plus, menurut gue Donghae itu sosok yang berhati besar. Hatinya luas ibarat samudera, apalagi setelah Appa-nya wafat. Jadi itulah mengapa dia gue kasih nama Banyu Samudera. Btw, udah ada banyu, udah ada samudera… Asal jangan tsunami aja! Wkwkwk…

Berikutnya ada Heechul. Sebenarnya gue belum menemukan nama yang tepat buat Heechul. Tapi karena konon katanya do’i kepingin jadi diktator, gue sempat berpikir untuk ngasih dia nama Mangkubumi atau Mangkujagad. Hahahaha….. SARAP!! Tapi tenang aja, gue emang beneran ga ada ide buat nama Indonesia-nya Heechul. Begitu juga dengan member SJ lainnya. Seorang teman FB gue pernah ngasih rekomendasi buat nama Indonesia-nya Kibum. Dia ngasih nama Waskito. Sedangkan gue ngasih nama Arifin. ARIFIN WASKITO, artinya bijaksana dan berwawasan luas. Secara Kibum emang terkenal dengan IQ-nya yang tinggi dan sifatnya yang pendiam. Tapi gue sendiri sebenarnya lebih sering manggil dia Bang Toyib! #PLAK! Soalnya udah lebih dari 3x puasa 3x lebaran dia ga kunjung balik ke SuJu. Beuh… (=.=)’

Kalo dipikir-pikir lagi, mencari nama itu emang ga semudah membalikkan telapak tangan. Ujung-ujungnya gue malah keder dan konyol pula. Hahaha… Daripada bingung, mendingan kita kasih aja mereka nama melalui jalur plesetan. Gue bakal ngebalik format dari nama Indonesia SJ yang udah ada. Kali ini marga-nya yang bakal gue buat versi Indonesia. Kekeke… Yang ini beneran cuma buat seru-seruan aja. Cekidot deh plesetan marga-nya..

1. Park = Faruq/Pakula.
2. Kim = Hakim.
3. Tan = Tantowi/Tanusudibyo.
4. Shin = Yashin/Sinaga.
5. Lee = Ali/Likumahua.
6. Choi = Choirudin.
7. Cho = Cokroaminoto/Kosasih.

Sekarang kita cari untuk nama depan. Nama depan ini bisa dari plesetan atau dari nama yang udah ada. Kalo bisa sih namanya senormal mungkin. Wkwkwk…

1. Jungsoo/Leeteuk.
Berhubung gue belum nemuin plesetan yang tepat, mungkin kita bisa pake nama Dennis? #PLAK!

2. Heechul.
Yang ini juga belum ketemu plesetannya. Tapi nama Western-nya Heechul cukup keren. Kayaknya pake Casey juga ga apa-apa. Atau mungkin Ichul diplesetin jadi Izur? #apa seeh?

3. Hangeng/Hankyung.
Awalnya gue bingung mo pake nama apa. Mungkin pake Western-nya aja ya? Soalnya nama Joshua di Indonesia juga lumayan banyak, tapi tiba-tiba aja gue nemuin nama ini: AGUNG! Hahaha…

4. Jongwoon/Yesung.
Banyak Indonesian ELF yang manggil Yesung dengan Yeye atau Encung. Tapi menurut gue mendingan pake Jeremy aja. Meskipun ada juga teman FB gue yang ngasih nama Yudhistira. Wehehehe…

5. Youngwoon/Kangin.
Buat yang ini ga usah macem-macem. Jordan aja dah! Meskipun dalam hati gue tetap kekeh kepingin ngasih dia nama Bima. T.T

6. Donghee/Shindong.
Endong? Hmm.. Gimana yaa? Ga jadi deh! Hahaha… Berhubung nama Western-nya tuh Matthew, mungkin bakal gue plesetin dikit biar berbau Indonesia. MATHIAS! Hehe..

7. Sungmin.
Ini adalah salah satu nama yang paling mudah diplesetin. Tadinya mo pake Vincent aja, tapi biar merakyat(?) sedikit, akhirnya gue putuskan untuk pake nama lain. Apa? Umin? Boleh.. Tapi masalahnya gue takut International ELF ngamuk, jadi mendingan Sugimin aja! Hahaha… #digampar!

8. Hyukjae/Eunhyuk.
Hyukjae lebih dekat ke nama Uje, sedangkan Eunhyuk lebih dekat ke nama Unyuk. Kata ELF luar unyuk artinya anjing. Tapi di kampung gue unyuk tuh monyet. Sesuai banget sama Eunhyuk yang punya julukan ‘monkey’. Tapi untuk menghindari demonstrasi besar-besaran di KBRI di luar negeri. Mendingan ga usah XD Emang agak susah sih bikin plesetannya. Ya udah deh, Spencer aja! #nyerah.

9. Donghae.
Dari awal gue udah kepikiran buat plesetin nama Western-nya Donghae. Kalo Aiden kan kayaknya kurang Indonesia, jadi gue plesetin jadi AIDAN aja. Kekeke…

10. Siwon.
Sebenarnya nama Andrew udah awesome, tapi gue udah terlanjur punya nama plesetan buat Siwon. Yaitu, SISWONO! XD

11. Ryeowook.
Uki? Waduh… Bingung gue! Udahlah… Nathan aja, kayak nama anak tetangga gue #PLAK!

12. Kibum.
Mo pake nama Ibnu kayaknya ga nyambung sama Kibum, mo pake nama Toyib gue takut digatak, ya udah lah… Bryan aje, cyyn…

13. Kyuhyun.
Banyak Indonesian ELF manggil Kyuhyun dengan Yuyun. Tapi setahu gue, Yuyun tuh nama cewek. Mungkin nama Marcus bisa dilokalkan sedikit dengan mengganti huruf ‘c’ dengan ‘k’ menjadi Markus.

Guess what? Ujung-ujungnya gue nyerah. Kayaknya sebagian besar bakalan pake nama Western-nya masing-masing. Cuma marga-nya aja yang dibikin Indonesia. Sekarang tinggal pilih sendiri deh nama yang pantes buat oppadeul…

1. Park Jungsoo/Leeteuk.
– Dennis Faruq.
– Dennis Pakula.

2. Kim Heechul.
– Izur Hakim.
– Casey Hakim.

3. Tan Hangeng/Hankyung.
– Agung Tantowi.
– Joshua Tantowi.
– Agung Tanusudibyo.
– Joshua Tanusudibyo.

4. Kim Jongwoon/Yesung.
– Jeremy Hakim.

5. Kim Youngwoon/Kangin.
– Jordan Hakim.

6. Shin Donghee/Shindong.
– Matt Yashin.
– Mathias Sinaga.
– Matthew Sinaga.

7. Lee Sungmin.
– Sugimin Ali.
– Vincent Ali.
– Sugimin Likumahua (ga nyambung! XD).
– Vincent Likumahua.

8. Lee Hyukjae/Eunhyuk.
– Spencer Ali.
– Spencer Likumahua.

9. Lee Donghae.
– Aidan Ali.
– Aiden Likumahua.

10. Choi Siwon.
– Siswono Choirudin.

11. Kim Ryeowook.
– Nathan Hakim.

12. Kim Kibum.
– Bryan Hakim.

13. Cho Kyuhyun.
– Markus Kosasih.
– Markus Cokroaminoto.

Tuh dia.. Banyak yang ga nyambung yaa? Namanya juga usaha. Kekeke… Kalo ada masukan, jangan ragu buat komen. Dan buat penutupan, gue bakal ngasih daftar nama yang tadi udah gue buat plus nama-nama marga plestetan yang paling sreg di hati gue. Sekali lagi, jangan lupa komen yaa… ^^

###

1. Leeteuk = Rahman Amirudin Park.
2. Kangin = Bima Prawiranegara Kim.
3. Donghae = Banyu Samudera Lee.
4. Kibum = Arifin Waskito Kim.
5. Kyuhyun = Satria Dirgantara Cho.

###

1. Leeteuk = Dennis Pakula.
2. Heechul = Casey Hakim.
3. Hangeng = Joshua Tanusudibyo.
4. Yesung = Jeremy Hakim.
5. Kangin = Jordan Hakim.
6. Shindong = Matthew Sinaga.
7. Sungmin = Sugimin Ali.
8. Eunhyuk = Spencer Ali.
9. Donghae = Aidan Ali.
10. Siwon = Siswono Choirudin.
11. Ryeowook = Nathan Hakim.
12. Kibum = Bryan Hakim.
13. Kyuhyun = Markus Cokroaminoto.

~ SEKIAN ~ šŸ˜€

Iklan

6 responses to “iseng | INDONESIAN NAMES FOR SUPER JUNIOR MEMBERS (My Own Version)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s