Perjalanan Sebuah Fanfiction

Kadang-kadang gue suka mikir, sebenarnya gue buang-buang waktu ga sih dengan menggeluti hobi gue menulis fanfiction? Soalnya terus terang aja, proses yang harus dilalui supaya FF karangan gue bisa publish di wp itu ga semudah membalikkan telapak tangan (saelah lebaaay…… XD). Author lain mungkin bakalan ngetik naskah di laptop, terus disimpan didalam flashdisc dan kalo naskahnya udah selesai, tinggal dipost aja. Selesai deh. Tapi kalo gue? Boro-boro! #PLAK! Gue harus melewati serangkaian proses yang bisa dibilang rempong abis supaya FF gue bisa sampai dengan selamat di wp #apa seeh? Cuy, itu karena gue ga punya komputer maupun laptop! Wakakakak…… #JEDARR!! Dan sekarang, gue mau menceritakan kepada lo semua perjuangan (lebay!) gue dalam menulis fanfiction. Cekidot…

$$$

Wokeh… Gue emang ga punya komputer maupun laptop, tapi gue punya sebuah gadget canggih yang bernama Nokia 2626 yang merupakan hp keluaran tahun 2006. Hahahahaha….. #GUBRAK!! Yang kayak gitu dibilang gadget canggih? Ke laut aja dah mendingan! 😀 Nih hp kagak ada kameranya, cuy.. Jadi semua foto gue yang ada di Facebook itu boleh nebeng dari hp tetangga. Kekeke… Parah!! XD Gue beli Nokia 2626 itu dari kakak ipar gue pada tahun 2009 seharga Rp.250.000,- dan yups.., yang gue beli adalah hp second. Tapi gue sih ga masalah, yang penting bisa internetan. Jiahaha!!

nokia_2626_black

Well, meskipun bukan smartphone yang bisa begini dan begitu, gue cukup bersyukur karena gue bisa buka e-mail, Friendster, Facebook, Twitter dll. Gue juga bisa download konten dari beberapa situs meskipun ga banyak yang bisa gue download karena kapasitas memori nih hp cuma beberapa MB. Dan dengan seiring berjalannya waktu, hp gue ini (kalo ibaratnya manusia) semakin tua, semakin sering pula sakit-sakitan. Sekarang gue cuma bisa buka Google, Yahoo dan Facebook aja. Untuk Google dan Yahoo, gue bisa dapet akses untuk search engine tapi ga bisa buka e-mail. Dengan kata lain, hp gue cuma bisa dipake buat search dan fb-an doank! T.T

Ya udah deh, kita lupain aja kehebatan dan kecanggihan hp gue itu. Hahaha… Sekarang gue mau menceritakan proses yang gue harus lewati agar FF karangan gue bisa sampai di wp.

Yang pertama gue lakukan adalah menulis naskahnya. Ya iyalah… Udah pasti. Untuk FF gue yang judulnya THE VILLAGE, SUPER GAJE NEIGHBOURHOOD 1&2, THE SCANDAL dan SGN 3 Chapter-1 itu gue ketik naskahnya di note hp gue. Sedangkan FF gue yang lain gue tulis dengan tangan di buku tulis. Nah, naskah-naskah yang gue tulis secara manual itu gue ketik ulang dan gue simpan di template. Begitu juga dengan yang gue simpan di note, semuanya gue pindahkan ke template apabila mau di post ke note fb. Gue punya cara unik untuk ngepost semua naskah FF gue itu ke fb. Supaya gue ga mesti rempong bolak-balik login ke fb, gue melakukan hal-hal berikut ini…

1. Memastikan memori hp gue penuh. Gampang banget, cuy.. Gue cuma cukup bikin rekaman suara sebanyak-banyaknya sampai memori yang cuma beberapa MB itu benar-benar penuh.
2. Login ke akun fb gue. Untuk THE VILLAGE dan SGN 1&2 gue post naskahnya di fb publik gue. Sedangkan yang lainnya gue post ke fb khusus.
3. Untuk bisa memindahkan naskah dari template pesan teks hp gue ke note fb, gue harus melakukan copy and paste alias copas.
4. Untuk proses copas, gue bakal tekan “pilihan” terus “tambah penanda”. Karena memorinya penuh, udah pasti gue harus menghapus beberapa item di hp gue.
5. Pilih tempat untuk menghapus data. Gue milih “olah pesan” kemudian “template”.
6. Nah, setelah sampai di template, gue bakal milih pesan (yang sebenarnya bukan untuk gue hapus, tapi untuk gue copas XD). Gue akan pilih “pilihan” terus “lihat”.
7. Setelah muncul teksnya, gue kembali pilih “pilihan” dan akan muncul 2 menu baru yaitu “tandai teks” dan “salin semua”. Karena gue udah tau berapa kapasitas karakter note fb di hp gue, template teks yang berisi potongan-potongan naskah FF itu udah gue sesuaikan. Jadi gue pilih “salin semua”.
8. Setelah teks tersalin, gue bakal mencet tombol “kembali” sampai gue balik lagi ke note fb.
9. Setelah itu, di kolom note pilih “pilihan” lalu “tempel” dan naskah pun berhasil dicopas. Hahaha… Tinggal posting aja deh! Wkwkwk… 😀

Gimana proses copas ala gue tadi? Mantap kan? #kepalelubaumenyan!!! Hehe.. Nah, setelah semua naskah selesai dipost ke note fb, sekarang tinggal dipindah ke wp aja deh. Biasanya kalo lagi ada waktu dan rejeki, gue pergi ke warnet. Hahaha… Najong banget dah! XD Apa mau dikata? Suka ga suka gue harus terima kalo tempat tongkrongan gue tuh ya di warnet! 😀 But anyway.. Dengan menggunakan komputer warnet dengan tarif Rp.5.000,-/2 jam itu gue login ke akun facebook dan wp gue. Lagi-lagi gue harus melakukan copy-paste, cuma bedanya proses copas kali ini ga rempong-rempong amat. Yang namanya Amat juga kagak rempong begitu #PLAK:ga-nyambung!

Wokeh.. Naskah FF yang masih termutilasi(?) itu gue kembalikan menjadi satu kesatuan dengan cara copas dari note fb ke Microsoft Word. Setelah semuanya selesai, naskah yang udah lengkap itu kembali gue copas ke WordPress. Terus tinggal gue beresin dikit, masukin gambar, terus dipublish deh.. Selesai. Wkwkwk…

$$$

Gimana? Eottokhae? Arraseo? Understand? Ngudeng ora? Hahahahahahahaha……………… #PLAK! Kalo lo agak bingung, mendingan ga usah dipikirin deh. Yang jelas, mudah-mudahan lo ga ngalamin nasib kayak gue. Hehehe… Semua post yang ada di blog ini berawal dari hp Nokia 2626 yang udah mendekati ‘sakarotul maut’ itu (termasuk post ini). Berhubung baterai hp gue udah soak dan gue males ganti baru, maka hp gue yang ‘canggih’ ga ketulungan itu harus selalu dicharge selama proses mengetik naskah dan posting ke fb. Ada puluhan post di blog ini, jadi lo bayangin aja sendiri apa aja yang udah gue lewati. Hahaha… XD

Tapi toh ini juga sebagai pembuktian kalo ternyata pepatah yang berbunyi “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan” emang benar adanya. So, kalo ada yang ngerasa senasib sama gue, jangan menyerah!!!

HWAITING!!! 😀

Tinggalkan Balasan

