Cara Memasukkan Video Ke Dalam Postingan WordPress

Eaaaa… Ini adalah pertama kalinya saya menulis sebuah tutorial. Dan saya memulainya dengan yang mudah-mudah dulu. Soalnya saya juga masih belajar. Hehehe… 😀

Wokeh, kali ini saya ingin berbagi cara memasukkan video ke dalam postingan WordPress. Dulu saya sering kali merasa bingung, bagaimana caranya memasukkan video ke dalam post? Apakah saya harus men-download videonya terlebih dahulu lalu meng-upload ulang ke WordPress? Rempong banget kayaknya. Tapi ternyata ada cara yang jauh lebih mudah. Ga pake download dan segala macam. Yaitu dengan embed link dari Youtube.com.

Youtube?

Ya, Ki Youtube saudara sepadepokannya Mbah Google. 😀

Gimana caraya?

Well, caranya sangat mudah dan ga pake rempong. Cekidot…

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-copy kode di bawah ini, lalu paste-kan ke post yang akan anda buat. Ini kodenya :

[/youtube=alamatvideo]

Anda bisa mem-paste-kan kodenya di awal, tengah atau akhir post. Sesuai keinginan anda.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat video yang anda inginkan. Misal, saya ingin memasukankan cuplikan film favorit saya yang berjudul BLACK HAWK DOWN ke dalam post dan alamat videonya adalah http://youtu.be/arZCCrnjDtA. Maka, anda hanya perlu mengganti “alamatvideo” dengan link video tersebut. Hasilnya akan menjadi seperti ini :

[/youtube=http://youtu.be/arZCCrnjDtA]

Setelah itu, anda tinggal menghapus garis miring atau tanda ( / ) yang terdapat pada awal kode. Setelah post diterbitkan, maka hasilnya akan menjadi seperti yang terdapat pada akhir dari post ini.

Nah, mudah bukan? Sekarang anda tinggal mempraktekkannya. Selamat mencoba, semoga berhasil dan selamat menonton filmnya (jika berminat). Wkwkwk… 😀

Tinggalkan Balasan

