[bukan] FanFiction | LAST LOVE LETTER (Black Hawk Down)

Now playing : Danez Prigent and Lisa Gerrard — Gortoz A Ran.
[klik di bawah ini!]

Bagi yang pernah menonton film Black Hawk Down (apalagi bagi yang sering) pasti tahu kalau di akhir film ada narasi seorang pria seperti sedang membaca surat. Itu adalah isi surat dari Sgt.Lorenzo Ruiz untuk istrinya. Dia menitipkan surat itu kepada Sizemore (Rangers yang seharusnya ikut misi penangkapan tetapi posisinya digantikan oleh Grimes karena tangannya cedera ketika bermain ping-pong) sesaat sebelum Rangers dan Delta berangkat ke Pasar Bakara untuk melaksanakan misi.
BlackHawkDownpic2

Sizemore sempat menolak dengan berkata, “I’m not taking no death letter,” tetapi Ruiz bersikeras karena mereka sudah memiliki kesepakatan sebelumnya. Sizemore dengan berat hati bersedia menerima surat itu dan berkata bahwa dirinya akan mengembalikan surat itu kepada Ruiz satu jam lagi, setelah misi penangkapan selesai dan mereka telah kembali ke markas.

Namun yang terjadi selanjutnya, misi itu berjalan kacau. Misi yang seharusnya berlangsung hanya satu jam itu akhirnya berlangsung selama belasan jam. Ruiz sendiri berhasil keluar dari lokasi pertempuran ketika 10th Mountain dan pasukan PBB dari kontingen Pakistan dan Malaysia datang dan membantu mengevakuasi mereka. Akan tetapi, Ruiz akhirnya meninggal karena luka tembak yang dideritanya (di film diceritakan hanya sampai Ruiz dirawat di pangkalan dan masih hidup meskipun kondisinya lemah).

Saya sendiri tidak mengetahui kebenaran dari isi surat tersebut, namun menurut saya, itu adalah sesuatu yang sangat menyentuh dan sarat makna. Dan kira-kira seperti inilah isi surat Ruiz yang saya kutip dari film Black Hawk Down…

***

My love…

You’re strong and you’ll do well in life. I love you and my children deeply. Today and tomorrow, let each day grow and grow. Keep smiling and never give up, even when things get you down.

So, in closing, my love… Tonight, tuck my children in bed warmly. Tell them I love them. Then, hug them for me and… give them both a kiss good night for daddy.

R.I.P Sgt.Lorenzo Ruiz (1966-1993)

12790831_136459949620

16 responses to “[bukan] FanFiction | LAST LOVE LETTER (Black Hawk Down)

  1. gw pernah liat di imdb katanya itu suratnya shughart. tapi kalou liat adegan diatas, mgkin juga itu surat ruiz. but i love your post, sis. tdk banyak cewe suka bhd 🙂

    Suka

  2. gw pernah berdebat sengit banget sama ade gw soal ini surat. gw yakin bener ini surat ruiz seperti yang agan dijelaskan di post, tapi ade gw kekeh banget ini suratnya randy shughart. menurut ade gw suara prajurit yang baca suratnya di akhir film mirip dengan suara shughart sewaktu menghubungi istrinya sebelum pergi bertempur. tapi menurut gw suara shughart sepertinya lebih berat dari suara orang yang baca surat. teman gw malah pernah ngasih tau gue kalau itu surat jamie smith. tapi apa mungkin ya gan? saat wafat usia smith baru 21 th, sedangkan di surat itu si pemilik surat sudah memiliki 2 anak. sepertinya smith terlalu muda untuk memiliki 2 anak. menurut agan sendiri bagaimana?

    btw, nice post, gan!

    Suka

    • sebenarnya kemungkinan pasti selalu ada, cuma setiap orang kan punya pendapat masing2. seperti saya, menurut pendapat saya itu surat ruiz meskipun sebenarnya ga terlalu yakin juga ^^

      makasih juga udah mau mampir ^^

      Suka

  3. surat ini masih simpang siur sampai sekarang. saya sempat mencari tahu di internet tentang siapa orang yang membacakan surat itu di akhir film. ada beberapa kemungkinan, sebagian besar percaya bahwa shughart yang membacakan surat itu, tetapi jika dilihat dari scene yang ada di dalam film (hanya ruiz yang menitipkan surat), jadi ada kemungkinan juga bahwa ruiz yang membaca surat tersebut.

    ada juga yang berpendapat bahwa smith yang membacakan. jujur, untuk smith saya agak ragu. dan yang terakhir, kemungkinan surat itu dibacakan oleh wex (nama fiksi untuk tim ‘griz’ martin). untuk yang terakhir ini cukup menarik menurut saya, karena (sekali lagi, ini menurut pendapat saya) suara pria di akhir film itu lebih mirip dengan suara wex.

    namun terlepas dari ketidakjelasan tentang siapa pemilik surat tersebut, black hawk down tetap film yang sangat bagus dan menghibur.

    salam kenal, mbak 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

